Rabu, 09 November 2016

Karakter Baru dalam Permainan WereWolf


a. Little girl (gadis kecil): Selayaknya seorang gadis kecil. Ia selalu merasa tidak tenang apabila ada yang tidak beres dikampung itu atau ada yang berkeliaran, maka pemegang kartu gadis kecil selalu mengintip sedikit demi sedikit apa yang terjadi dimalam hari karena tidak bisa tidur (cara mengintipnya tentu jangan samapi terlalu mencolok, apabila werewolf tidak sengaja melihat salah satu pemain ada yang mengintip, maka dengan sangat jelas dialah yang menjadi korban mereka, bahkan ketika hari pengadilan gadis kecil sama tidak bebasnya seperti cenayang karena dia juga tidak ingin dibunuh dimalam selanjutnya karena terlalu mencolok dalam berbicara dan menuduh)

b. Hunter (Pemburu): seorang pemburu selalu membawa senjata dibalik identitasnya sebagai warga desa. Apabila dia dibunuh oleh werewolf atau diadili disiang hari, seperti pemain yang lainnya ia harus membuka kartunya, pada saat ia menunjukkan identitasnya maka pada saat itulah ia mengeluarkan senjatanya dengan membawa SEORANG pemain mati bersamanya. Hati-hati memilih , bisa siapa saja yang mati kawan!

c. The Witch (Penyihir): Penyihir memiliki satu kemampuan; Penyembuh atau Pencabut Nyawa. Ia bisa memilih salah satu diantara kemampuannya itu, setelah ia melakukan kekuatannya maka ia akan berubah secara otomatis menjadi Village People (The Witch bisa menyembuhkan dirinya sendiri, lhooo) moderator memanggil Witch dengan kalimat; “The Witch/Penyihir, buka matamu. Orang ini telah terbunuh oleh werewolf (ingat,sebagai moderator yang baik jangan terlalu kentara ketika menunjuk seseorang dan berbicara kepada Penyihir agar tidak mudah dideteksi oleh werewolf). Apakah kau ingin menggunakan kemampuanmu?(tunggu sebentar, ia akan mengangguk atau menggeleng)Menyembuhkan? (tunggu sebentar ia mengagguk atau menggeleng), Membunuh(tunggu sebentar ia mengangguk atau menggeleng). Baiklah, tutup matamu kembali.” Dan moderator akan mengumumkan di siang hari apa yang dilakukan penyihir semalam karena warga desa mendengar percakapan antara Witch dan Moderator.

d. The Lover/Cupid/ Forbidden Love: karakter ini selalu mengalami pembaruan ketika saya mulai melakukan riset (ciyeee bahasanya) mengenai karakter tambahan didalam permainan ini. Intinya sama saja, ketika pertama kali memainkannya, karakter ini memiliki 2 kartu yang sama persis, bergambar cinta atau bertuliskan The lover atau Cupid. Mereka adalah pasangan yang saling mencintai. Ketika malam pertama moderator akan memanggil mereka “The lover, buka mata kalian”, dan mereka akan saling melihat satu sama lain tanpa ada yang mengetahui selain mereka sendiri. Fungsi kartu ini adalah apabila salah satu terbunuh, maka yang pasangannya tidak akan kuat menjalani hidup tanpa salah satunya, maka dia juga mati dengan membuka identitasnya. Sekali pembunuhan dua pemain mati!!. Tujuannya sebenarnya selain menambah bumbu cerita permainan agar tambah seru adalah bisa membuat pemain berkurang lebih cepat (tidak direkomendasikan dengan jumlah pemain dibawah 7 orang) Karakter ini sedikit saya rubah(lihat disini) dengan nama forbidden love (cinta terlarang), mengapa? Agar permaianan lebih seru, kartu karakter ini saya buat satu saja, ketika moderator memanggil karakter ini dengan kalimat “forbidden love, buka matamu, tunjuk satu orang yang akan menjadi pasanganmu, dan orang yang saya sentuh buka matamu, tatap pasanganmu ini, perlihatkan identitasmu padanya, dialah pasanganmu sehidup semati” (ingat tugas modertor untuk mengaburkan jejak, bisa saja moderator berjalan berkeliling dan ketika melewati orang yang ditunjuk menyentuh pelan kepala orang itu dengan tetap berjalan keliling agar tidak diketahui). Mengapa ini semakin menarik, karena pasangan sang forbidden love bisa siapa saja, bahkan werewolf tanpa terkecuali!. Ini tentu bisa menambah intrik cerita semakin menarik, karena sang forbidden love akan melakukan apa saja agar ia dan pasangannya tidak mati.

e. The Thief(Maling ) : Karakter yang saya ciptakan tidak sengaja; tokoh penghancur karakter, biang onar dan pencipta histeria massa(haha). Kemampuannya sangat sederhana, mencuri kartu pemain lain dengan menukar kartu miliknya (bayangkan saja jika anda pemilik kartu werewolf atau segala kartu spesial lainnya tiba-tiba berubah dipagi hari menjadi kartu maling ini, hahahaha). Dan karakter ini sangat lihai dalam menghancurkan logika yang ada, apabila kita sudah bisa menebak siapa werewolf tiba-tiba mendengar moderator berkata “Maling, buka matamu,kartu siapa yang ingin kau tukar malam ini(pengalaman sayah, pada saat saya mengucapkan kata “maling” saja sudah menimbulkan histeria massa,hehehe), dan kitapun hanya bisa tersenyum pahitbkarena lagi-lagi jejak kembali mengabur, :).

f. Wolfbane (penangkal serigala) : banyak nama untuk tokoh ini, karena saya menemukannya didalam permainan yang serupa seperti mafia, vampir dll. Biasa dipanggil, undead alias tokoh yang tidak bisa mati. Tapi saya memodifikasi karakter ini lebih menarik (menurut sayah). Saya biasanya mengenalkan tokoh ini dengan cerita bahwa ada salah satu diantara warga desa yang memiliki keturunan khusus, keturunan yang selalu membawa obat turun temurun untuk menangkal serangan werewolf. Obat itu dinamakan Wolfbane, apabila tokoh ini digigit oleh werewolf dimalam hari maka ia tak akan mati(akan diberitahu moderator ketika siang hari), ketika siang hari ia mengetahui dibunuh serigala maka ia akan membuka kartunya dan berubah menjadi Van Helsing secara otomatis (terinspirasi oleh cerita Van Helsing yang menjadi musuh bebuyutan bangsa werewolf). Van Helsing adalah tokoh yang tidak memihak warga juga tidak memihak Werewolf atau segala macam tokoh jahat lainnya, ia bekerja sendirian, maka ia tidak diperbolehkan ikut memilih seseorang untuk dibunuh ketika Hari Pengadilan tiba. Ketika malam pertama setelah ia terbunuh maka Van Helsing akan diperintahkan untuk membuka matanya, kemudian werewolf “dipaksa” untuk membuka matanya juga oleh moderator. MEREKA AKAN SALING TATAP MATA UNTUK PERTAMA KALI. Dan sebagaimana pekerjaan Van Helsing, ia berhak untuk membunuh satu werewolf(maka dari itulah ia tidak punya hak suara, karena ia telah mengetahui identitas werewolf, sangat tidak adil bukan?). Sebagai catatan, Van helsing bisa dibunuh oleh werewolf. Karena ia adalah keturunan khusus, maka ia memiliki darah campuran setengah serigala ketika digigit dan menggunakan obat itu, maka dari itu ia berhak memilih memihak yang mana (dengan membunuh siapa saja yang ia mau satu kali semalam). Dan CATATAN PENTING mengenai kebangkitan Van Helsing, pemilik kartu Wolfbane hanya kebal terhadap Werewolf, tidak dalam hari Pengadilan, apabila dibunuh warga maka ia mati tanpa bisa membangkitkan Van Helsing. Kemampuan Wolfbane bisa dipindahkan, karena ini adalah obat, tergantung kondisinya, (tentu saja ini adalah atas perintah moderator dengan menanyakan pemegang kartu, , biasanya pemain ingin menghidupkan agar kemampuannya tidak sia-sia dengan memberikannya kepada korban werewolf dan ditukar kartunya denga pemilik aslinya). *karakter ini sangat complicated, disarankan agar jangan menggunakan kartu ini sebelum menguasai permainan ini, karena diperlukan penguasaan terhadap keseluruhan permaianan dalam menjalankan “cerita”, serta disarankan menggunakan tokoh ini dengan jumlah pemain diatas 15 orang).

g. Vampir (saya menamakannya Vampiranak) : tokoh ini terinspirasi oleh tokoh di permainan Mafia, vampir, dll ditambah perdebatan seru dengan kawan disekretariat saat sayah ingin menambah karakter baru serta pembicaraan di komen Facebook . mengapa namanya demikian? Karena ini adalah tokoh yang saya ciptakan karena ia adalah hasil persilangan antara Vampir dan Kuntilanak. Hehehehe, (serius ini). Vampir, logikanya, apabila menggigit werewolf tidak akan menjadi masalah karena werewolf akan langsung mati, tapi bagaimana dengan manusia? Maka ia akan menularkan kemampuannya yang menjangkit itu kepada manusia, maka permaianan ini tidaklah seru karena akan dirubah judulnya Vampir v.s Werewolf, hahahahaha. Pada saat itu hasil komen di fesbuk mengatakan bahwasanya si kucing ingin memainkan tokoh Kuntilanak dengan nada bercanda, saya bertanya apa kehebatannya, katanya “ia bisa makan siapa aja, ya werewolf, ya village people, siapa aja yang ia mau, biar werewolf ada musuhnya, hahahaha” . saya terkesiap (halah).....*krik..krik...kriiik* maka saya pun mendeklarasikan tokoh ini saya dedikasikan untuk si Kucing Gembrot. Tugas pemegang kartu ini adalah membunuh siapa saja yang ia inginkan, termasuk werewolf. Menurut cerita karena Vampir adalah pimpinan klan serigala, maka ia berhak mengetahui siapa werewolf, tapi sebaliknya, werewolf tidak mengetahui siapa Vampir sebenarnya. Maka trik moderator adalah dengan mengucapkan kalimat ; “Vampiranak buka matamu. Orang ini adalah werewolf (dengan menunjuk pemain pemegang kartu werewolf). Sekarang kau tahu siapa mereka, siapa yang ingin kau bunuh malam ini?”. *PERINGATAN: ini kartu sangat kompleks seperti halnya Wolfbane, maka jangan memainkan apabila tidak bisa menguasai arah permainan ini, ini hanya direkomendasikan kepada pemain tingkat lanjut yang telah memainkan permainan Werewolf sebagai agenda rutin. Disarankan menggunakan karakter ini jika pemain diatas 15 orang*.

h. Warlock / Merlin (pimpinan penyihir): penggunaan kartu ini sebenarnya sangat disarankan apabila pemain melebihi kapasitas kemampuan moderator (contohnya kayak kasus saya, 27 pemain!!) sangat efektif dalam kasus pengurangan jumlah pemain dalam sekejap !. Sayah mendapatkan tokoh ini dalam permaian Mafia, namun saya modifikasinya sedikit. Kemampuannya sebagai pemimpin penyihir bisa melihat pemegang kartu khusus(maksudnya semua pemegang kartu selain village people adalah kartu berkemampuan khusus) ketika malam pertama. Moderator akan membimbing dengan kalimat pembuka ; “Warlock buka matamu, dan kalian semua pegang kartu khusus, buka matamu!” Warlock akan mengangkat tangannya untuk menunjukan dirinyalah Warlock, dan moderator memberikan waktu beberapa detik untuk Warlock melihat keseluruh pemegang kartu khusus( tentu saja didalamnya ada Werewolf, tapi kan tidak hanya mereka yang buka mata:)). Ketika siang hari datang maka Warlock akan menggunakan kemampuannya. Kemampuannya adalah menunjuk 3 pemegang kartu dan orang yang ditunjuk akan mati dalam sekejap dengan membuka kartu mereka. Resikonya bisa kartu khusus apa saja yang mati dan tidak akan digunakan dalam permaianan. (paling seru kalo yang mati Forbidden love dan The hunter, hehehe, karena yang mati jumlahnya akan bertambah). Dianjurkan menggunakan karakter ini dengan jumlah pemain minimal 15 orang.

i. The Frame (Kedok/kambing hitam) : saya mendapatkan inspirasinya dari permainan Mafia, pemilihan karakter ini didalam Mafia adalah orang yang bekerja kepada mafia dan menjadi alat mereka selama permaianan berlangsung. Ia hanya tau menjalankan tugasnya tapi tidak mengetahui siapa bosnya. Mafia akan memilih salah satu pemain yang akan menjadi Frame mereka, dan tugas moderator mengganti kartunya menjadi tulisan mafia. (karakter mafia tinggal diganti werewolf untuk menyesuaikan). Moderator bisa mengucapkan; “werewolf, buka matamu. Tunjuk seseorang yang akan kau pilih menjadi The Frame kalian” Orang yang kartunya terganti ini sebenarnya hanyalah warga biasa dengan kartu khusus, ia tidak dapat membuka matanya ketika werewolf dipanggil agar ia tidak mengetahui siapa bosnya. Apabila ia terbunuh, warga sangat senang karena mengetahui werewolf yang mati, tapi kemudian moderator akan mengucapakan “ia adalah The Frame, kedok werewolf untuk mengaburkan jejaknya” maka kecewalah para warga, hehehehe. catatan khusus; The frame harus tidak diketahui siapapun kecuali dirinya sendiri dan werewolf, bahkan ketika cenayang ingin melihat identitasnya moderator akan mengatakan bahwa dia werewolf.

j. The Spirit (roh) : saya dapatkan dari sini. Silahkan baca. :). Penggunaan Spirit tergantung dari warga ingin menggunakannya atau tidak. Apabila ingin menggunakan maka pemain yang mati secara otomatis akan menjadi Spirit dan ikut menutup mata apabila diperintahkan seperti pemain lainnya. Ia akan membuka matanya apabila diperintahkan oleh moderator. Fungsinya sama dengan Cenayang, menunjuk seseorang untuk dilihat identitasnya. Warga akan ditanya pada saat persidangan ingin menggunakan jasa spirit atau tidak, jika iya, maka moderator akan memilih seseorang untuk perwakilan spirit dan menunjuk pemain mana saja yang ia inginkan. SPIRIT DILARANG BERBICARA KETIKA MENUNJUK. Kekutannya akan hilang ketika ia menurunkan tangannya (ia bisa mempertahankan tangannya selama mungkin). Dan setelah jasanya dipakai maka Spirit bebas untuk membuka matanya untuk mengikuti permaianan dengan mengawasi TANPA MEMBERIKAN PETUNJUK APAPUN. Trik yang biasa dilakukan biasanya semakin lama menggunakan jasa Spirit maka semakin banyak informasi yang dapat diterima oleh mereka. Bisa dikatakan ini adalah senjata untuk village people dalam mencari siapa Werewolf sebenarnya.

k. The Convert (perubah bentuk) : senjata untuk werewolf ketika penggunaan spirit diberlakukan (supaya adil). Werewolf akan menunjuk salah satu warga untuk dirubah menjadi kawan mereka. Moderator akan mengatakan “werewolf, pilih seseorang untuk dijadikan kawananmu, orang yang saya sentuh adalah werewolf yang baru”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar