Minggu, 28 Agustus 2016

Solusi dan penyebab hp cepat panas

Ketahui Penyebabnya

Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab yang mungkin bisa menjadi biang dari terjadinya overheat pada gadget tersebut. Perhatikan hal-hal berikut :
1. Kesalahan penggunaan
Hape cepat panasTerlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.
Solusi : Gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu. Untuk tips lain tentang penghematan baterai bisa kamu baca di halaman tips menghemat baterai smartphone Android.
2. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri
Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.
Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.
Terlalu erat menggenggam bagian belakang perangkatmu, terutama saat menggunakan telapak tanganmu, akan menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan. Ingat, ini hanyalah sebuah gadget, bukan tangannya mantan! Jadi kamu tak perlu menggenggamnya terlalu erat.
3. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan
Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.
Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar